Ingin Memantau Hilal? Datanglah ke Masjid Nurul Hidayah Kelapa LIma

BeritaKupang_Peristiwa pemantauan HIlal atau kemunculan bulan baru, untuk memastikan awal jatuhnya 1 Syawal 1438 Hijriah atau Idul Fitri 2017, sedang dilakukan lima observer dari Balai meteorologi dan geofisika Kupang.


JIka ingin mengetahui bagaimana prosesnya, datangah ke pelataran masdjid Nurul Hidayah, Kelapa Lima. Hitung-hitung sambil ngabuburit, apalagi letaknya yang berada di atas pantai, membuat anda bisa sekaligus menikmati sunset yang indah.

Sebuah teleskop merek Vixen yang telah disambungkan pada sebuah kamera DLSR, telah sedang terarah ke matahari. Teleskop yang telah terprogram akan mengikuti gerak matahari dan bulan secara otomatis ini, memberikan data akurat keberadaan bulan, yang kini sedang berada di atas matahari, di sebelah selatan.

Saat ini, bulan belum dapat terlihat akibat sangat kuatnya cahaya matahari. Sehingga proses pemantauan yang sedang terjadi hanya memantau gerakan matahari.

Pencarian penampakan bulan baru akan dilakukan pada pukul 17:34 Witeng, atau pada saat matahari mulai terbenam di ufuk barat. BUlan diprediksikan akan berada di ketinggian tiga derajat, 12 menit 36 detik.

JIka hilal terlihat, maka 1 Syawal 1438 Hijriah, atau hari raya idul fitri akan segera ditetapkan.

Selain di Kupang, pemantauan hilal juga dilakukan di kota waingapu, Sumba Timur.

@redaksiBK

Comments

komentari

Categories: Barita,Nusantara,Sosbud

Comments are closed.

Facebook
Skip to toolbar