“Sumur Ajaib” Cuma Sedalam 30 cm

0

Berita Kupang_Sungguh ajaib. Air bersih terlihat meluber dari sebuah lubang hanya sedalam 30 centimeter dan ini terjadi di Kota Kupang, yang terkenal berbatu karang dan sangat “Susah” air. Semburan air segar dan bersih ini keluar dalam jumlah yang cukup banyak hingga mengalir merendam tanah sekitarnya.

Keajaiban lainnya adalah “sumur” ini pun mengeluarkan air hanya pada hari-hari tertentu. Sangat persis dengan jadwal keluarnya air PAM, yakni hari Sabtu dan Senin, untuk kawasan sekitaran Rujab Walikota Kupang.

Om Edi, “penemu” sumur ajaib ini mengaku tak perlu wangsit atau mimpi ketemu orang sakti supaya menciptakan sumur tersebut. “Waktu itu brta liat tanah basah sekali. Beta mulai korek-korek, eh… tiba-tiba ada air muncrat. Kebetulan sekali btong ju lagi susah cari aer karna btong son berlangganan PAM” tuturnya saat bincang santai di bawah pohon kom.

Singkat sejarah, terciptalah sumur ajaib yang menjadi satu-satunya sumber air bersih untuk sekitar sepuluh kepala ke─żuarga urban asal TTU dan TTS yang mengadu nasib di Kota Kupang sebagai sopir dan tukang ojek. Singkat kata keberadaan sumber air ajaib ini luput dari perhatian petugas PDAM sejak “tercipta” empat tahun silam. “Keajaiban” ini sungguhnya terpicu oleh kebocoran pipa PDAM yang “dibiarkan” langgeng.

Entah alasan kemanusiaan ataukah disertai transaksi, kondisi ini perlu mendapatkan perhatian serius Pemerintah Kota dan Negara. Praktek ini jelas merugikan pelanggan dan PDAM.

Kondisi serupa dapat ditemui pada beberapa tempat di Kota Kupang. Umumnya warga memanfaatkan “lubang udara” pada titik-titik tertentu, selain yang sengaja dilubangi warga yang tidak memiliki kemampuan berlangganan air atau membeli air tangki.

Sampai kapan?

@RedaksiBK

Comments

komentari

Leave A Reply

Facebook
Skip to toolbar