Tersangka GMB Cetak 251 Paspor untuk Jaringan Human Trafficking

0%
Awesome

Comments

komentari

  • Criteria

BeritaKUpang_G-M-B, 49 tahun, PNS pada instansi kantor Imigrasi Kelas I KUpang-NUsa Tenggara Timur, selama 2015 hingga Juli 2016 telah menerbitkan 251 Paspor untuk 251 perempuan, yang diperdagangkan ke luar NTT hingga ke luar Ngeri, Malaysia. Tersangka yang sudah 19 tahun berkarya sebagai PNS ini ditangkap di kantor Kementrian Hukum dan Ham Propinsi NTT, oleh satuan Tugas Anti HUman Trafficking Polda NTT, beberapa waktu lalu.

Pada jumpa pers Anti Human Traficking di Polda NTT, Kamis kemarin, G_M_B yang dipakaikan baju tahanan Polres Kupang berwarna biru ini, mengenakan celana olahraga berwarna hijau. Bersama 22 tersangka lainnya, GMB yang berperan sangat penting dalam meloloskan pembuatan pasport asli dengan data data palsu ini, tampak sehat.

Empat di antara 23 perdagangan orang tersangka adalah perempuan. Berlimpahnya uang yang mengalir dalam bisnis perdagangan orang menjadi daya tarik kuat bagi semua orang untuk terjun ke dalamnya. “saya tidak tahu kenapa banyak perempuan, tapi bisnis ini menghasilkan banyak uang, sehingga semua orang tertarik,” papar Kapolda NTT, Brigjen Pol Widyo.

Selama 2015 hingga Juli 2016 terrekam aliran dana sebesar Rp 7 miliar lebih yang digelontorkan penyandang dana perdagangan orang ke jaringannya di NTT.

@redaksiBK

Comments

komentari

Comments are closed.

Facebook
Skip to toolbar